Selasa, Juli 28, 2009

Cepat Pulang Cepat Sholat, Lambat Pulang Lambat Sholat

Itulah fenomena yang sering terjadi di sekitar kita. Bahkan saat ini, saya sedang peka terhadap kasus yang satu ini di kantor saya sendiri.

Bulan ini, jam pulang kantor dimajukan dari pukul 17.00 menjadi pukul 16.00. Walhasil, waktu sholat ashar yang mendekati pukul 15.30 menjadi ramai jama'ah di mushola. Bahkan, orang-orang menjadi kejar-kejaran dengan waktu pulang kantor. Subhanallah, saya menjadi senang karena banyak kelompok jama'ah yang bisa saya ikuti.

Tapi, perbedaan mencolok yang terjadi di hari Jum'at, di mana jam pulang kantor pukul 16.30. Antrian dan keramaian orang-orang yang berbondong-bondong ingin menunaikan sholat ashar mulai tak ada. Apalagi di pekan ini yang jam pulang kantor sudah kembali seperti semula, pukul 17.00, perbedaan itu terasa sekali, sama halnya dengan bulan-bulan sebelumnya. Rasanya, mencari jama'ah untuk sholat begitu sulit. Kalau sudah tertinggal dari orang yang biasa sholat di awal waktu, bersiaplah untuk menunggu sampai pukul 16.00 lewat baru mendapatkan jama'ah kembali.

Sungguh miris, ya...

1 komentar:

  1. berubah dari diri sendiri, keluarga, lalu orang di sekitar kita.. la tahzan ya sayang

    BalasHapus