Kamis, Juli 16, 2009

Sebuah Kata, "Cerewet"

Bermula sejak tadi malam. Saya dan suami membahas tentang pemahaman kami terhadap kata 'cerewet'. Rupanya kami punya pemahaman yang berbeda. Cukup jadi diskusi yang panjang tadi malam, bahkan sampai mata ingin memejam.

Pemahaman suamiku, jika seseorang dicerewetin berarti ia melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Dengan kata lain, orang itu tidak mengambil pelajaran(hikmah) dari kesalahan yang pernah dilakukan sehingga mendapatkan 'cerewetan' lagi bahkan dari orang yang sama. (Benar begitu ya, Mas?) Sedangkan saya sendiri memahami makna cerewet bahwa jika seseorang dicerewetin berarti orang yang mencereweti kita ada perhatian dengan kita. Perhatian, satu kata itu memiliki berjuta makna. Siapa yang tidak mau diperhatikan oleh orang lain. Ada yang bilang perhatian itu tanda sayang. Betul ngga, ya?!

Misalnya, jika kita berbuat sesuatu yang salah dan ditegur, itu tandanya orang yang menegur kita perhatian dan ingin agar kita tidak melakukan perbuatan salah itu. Jika ternyata di lain waktu kita melakukan hal (kesalahan, red.) yang sama dan ditegur dengan orang yang sama, itu berarti orang itu masih menaruh perhatian dengan kita dan selalu ingin mengingatkan kita bahwa hal yang kita lakukan itu salah. Sampai akhirnya, ada harapan terselubung dari orang yang menegur kita itu bahwa suatu ketika nanti kesalahan itu tak dilakukan lagi di lain waktu. Ada harapan pembelajaran di sana. Secara logika, tidak ada orang yang mau dicerewetin seumur hidup dan tidak ada juga orang yang bisa mencereweti seseorang terus-menerus seumur hidup. Deal?

Tapi, bukan berarti orang yang sudah tidak mau mencereweti kita lantas sudah tidak mau perhatian kepada kita lagi. Cerewet itu hanya suatu bentuk perhatian, jangan digeneralisasi, ya :)


NB.
Buat Mama, terimakasih karena sejak kecil sudah cerewet kepada anak-anaknya. Dengan cerewet Mama itu, anak-anaknya kini bisa menjadi 'baik'.

1 komentar:

  1. i still respect your perseption's. deal, definitely! have a nice day. hope another surprise is coming today :)

    BalasHapus